6 Tips Nyaman Berkendara, Salah Satunya Asuransi Kendaraan

Foto : pixabay.com

Dikutip dari situs web GAIKINDO, Korlantas Polri mencatat bahwa jumlah kendaraan bermotor di Indonesia yang aktif per Februari 2023 mencapai 153.400.392 unit. Angka tersebut terdiri dari 147.153.603 unit kendaraan pribadi berupa 127.976.339 sepeda motor dan 19.177.264 mobil. Sisanya adalah kendaraan umum angkutan barang dan orang.

Berdasarkan data di atas, kendaraan di Indonesia masih didominasi kendaraan pribadi sebagai alat transportasi. Kendaraan pribadi tersebut adalah sepeda motor dan mobil. Dalam berkendara, keamanan dan kenyamanan merupakan hal yang wajib diprioritaskan, baik untuk sepeda motor atau mobil. Berikut tips agar berkendara terasa aman dan nyaman.

1. Pastikan kondisi tubuh sehat

Foto : pexels.com

Tips pertama tentu saja memastikan kondisi tubuh kita dalam keadaan sehat dan fit. Dalam berkendara, kita dituntut fokus terhadap sekitar dan apa yang ada di depan mata. Ketika tubuh sedang tidak sehat, jangan memaksakan untuk berkendara. Salah satu pemicu terjadinya kecelakaan dalam berkendara adalah mengantuk.

Supaya tubuh fit dan tidak mengantuk, pastikan anda sudah tidur dengan cukup di malam hari. Selain itu, jangan pernah berkendara dengan kondisi perut kosong. Pastikan anda mengonsumsi makanan yang mengenyangkan untuk menambah energi dan membuat tubuh terasa bugar. Pastikan juga tubuh sudah terhidrasi dengan air putih yang cukup.

2. Rutin memeriksa kondisi kendaraan

Foto : pixabay.com

Agar kendaraan tidak mengalami masalah seperti mogok tiba-tiba, anda perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin. Pastikan juga seluruh komponen kendaraan dalam kondisi baik. Kalau ada suku cadang yang perlu diganti, maka segera ganti dengan yang baru, jangan menunggu terlalu lama. Karena nantinya, hal tersebut bisa membahayakan keselamatan anda dalam berkendara.

Dan sebelum berkendara, disarankan untuk mengecek tekanan angin ban terlebih dahulu. Pastikan tekanan angin ban sudah sesuai standar yang ada. Selain itu, pastikan juga bahan bakar mesin (bensin) cukup untuk melakukan perjalanan yang akan ditempuh.

3. Menggunakan alat pengaman

Foto : pexels.com

Tips nyaman berkendara selanjutnya adalah menggunakan alat pengaman. Hal ini wajib anda lakukan karena menyangkut keamanan saat berkendara. Seperti contoh, jika mengendarai sepeda motor maka gunakanlah helm. Atau jika mengendarai mobil, maka gunakan sabuk pengaman dengan benar.

Saya sendiri biasa memakai sarung tangan ketika mengendarai sepeda motor agar tangan terlindungi, utamanya saat berkendara di pagi dan siang hari. Selain itu, kita juga bisa memakai masker saat mengendarai sepeda motor agar terhindar dari polusi udara yang bisa membahayakan tubuh.

4. Patuhi aturan lalu lintas

Foto : pixabay.com

Agar tidak terjadi kecelakaan saat berkendara, maka kita harus menaati peraturan lalu lintas. Peraturan lalu lintas sendiri diciptakan demi menjaga kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan. Tidak hanya itu, anda juga perlu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Dikutip dari situs web Otoklix, aturan lalu lintas yang harus dipatuhi ketika berkendara di jalan umum antara lain; pengemudi wajib memiliki STNK dan SIM, mematuhi rambu lalu lintas, menaati batas maksimum kecepatan, menggunakan alat pengaman, tidak bermain handphone, tidak melawan arus dan wajib memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang telah ditentukan.

5. Membawa alat-alat darurat

Foto : istockphoto.com

Kita memang tidak bisa mengetahui apa yang akan terjadi saat berkendara di jalan, oleh karena itu kita harus mempersiapkan alat-alat darurat yang mungkin berguna nantinya. Berikut beberapa alat darurat yang bisa anda bawa saat berkendara, antara lain :

  • Mobil : dongkrak, ban cadangan, senter, 1 set toolkit mobil.
  • Sepeda motor : jas hujan, 1 set toolkit sepeda motor.

6. Mempunyai asuransi kendaraan

Foto : istockphoto.com

Tips nyaman berkendara yang terakhir dan tidak kalah penting yakni mempunyai asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan mempunyai manfaat yang bisa anda dapatkan seperti rasa tenang dan nyaman karena kendaraan sudah terlindungi. Selain itu, dengan adanya asuransi kendaraan, anda akan memiliki dana untuk melakukan perbaikan atau penggantian ketika terjadi peristiwa kerugian.

Keuntungan lain mempunyai asuransi kendaraan yakni mendapat layanan tambahan seperti layanan derek, bengkel rekanan, konsultasi gratis, dan layanan-layanan lainnya. Manfaat jangka panjangnya, asuransi kendaraan dapat menjaga harga kendaraan anda sesuai standar tertinggi jika suatu saat anda ingin menjualnya.

Asuransi kendaraan terbilang penting saat ini, terlebih untuk anda yang memiliki usaha rental dan sewa kendaraan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang enggan mengasuransikan kendaraannya karena beberapa faktor. Salah satu faktor yang membuat beberapa orang masih ragu untuk mempunyai asuransi kendaraan adalah karena bingung memilih perusahaan asuransi.

Hal tersebut wajar saja, karena dalam memilih perusahaan asuransi kendaraan tidak bisa dilakukan sembarangan dan perlu sedikit riset. Namun anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada perusahaan asuransi kendaraan bermotor yang tepercaya dengan pengajuan asuransi yang mudah. Perusahaan tersebut adalah MPM Insurance.

Gambar : Dok. Pribadi

MPM Insurance sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, jadi anda tidak perlu khawatir akan kredibilitasnya. MPM Insurance adalah salah satu perusahaan asuransi umum terbaik yang sukses memperoleh berbagai penghargaan. Terbaru, MPM Insurance berhasil menjadi 'Best General Insurance 2020' dalam acara yang diselenggarakan oleh Majalah Investor.

Hingga artikel ini dibuat, MPM Insurance sudah mempunyai 2 kantor cabang dan 15 kantor perwakilan yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Dalam produk asuransi kendaraan bermotor yang ditawarkan MPM Insurance, anda bisa memilih Asuransi All Risk/Comprehensive atau Asuransi Total Lost Only. Silakan pilih jenis produk asuransi sesuai dengan kebutuhan anda.

Dikutip dari situs web GoodStats, Pusat Informasi Kriminal Nasional (PUSIKNAS) mencatat ada 25.138 kecelakaan lalu lintas di Indonesia pada tahun 2022. Oleh sebab itu, mempunyai asuransi kendaraan bisa menjadi solusi tepat sebagai upaya memberikan perlindungan kendaraan dari kejadian tak terduga di jalan umum. Untuk urusan asuransi kendaraan, percayakan saja pada MPM Insurance!

0 Komentar

Terbaru