Jangan Takut Akan Masa Depan, Hadapi Bersama MASKu!

Foto : pixpine.com (Diedit Pribadi)

Pada tahun 2023, sebagian besar kaum gen z dan milenial sedang mengalami quarter life crisis. Salah satu penyebab paling umum quarter life crisis adalah takut akan masa depan. Tak mudah memang untuk selalu mempunyai semangat dalam menyambut masa depan. Salah satu langkah nyata yang bisa dilakukan agar masa depan lebih terjamin adalah dengan melakukan investasi.

Investasi adalah kegiatan penempatan dana pada sebuah aset dalam periode tertentu dengan tujuan memperoleh peningkatan nilai. Dengan memulai investasi, artinya kalian siap belajar menata keuangan lebih kompleks. Investasi bukan hanya sekedar menyimpan uang, kalian bisa mengalokasikan dana investasi untuk tujuan lain seperti dana menikah, dana sekolah anak, hingga dana pensiun.

Masa depan sendiri adalah misteri dan masa yang pasti dilalui semua orang. Bukannya takut, sebaiknya kalian mempersiapkan masa depan dengan perencanaan yang tepat. Berinvestasi dapat membantu kalian mempersiapkan modal lebih matang untuk kebutuhan di masa depan. Seperti yang kita ketahui, keuangan adalah salah satu pondasi penting dalam kehidupan.

Selain berdampak baik bagi masa depan, investasi juga bisa menambah wawasan tentang ekonomi dan finansial. Dibandingkan menabung yang bisa tergerus inflasi dan stagnan (tidak ada perubahan kecuali ada dana masuk atau keluar), investasi tentu lebih baik karena bisa mendatangkan keuntungan. Karena memiliki keuntungan lebih, risiko investasi juga lebih besar.

Namun jangan khawatir, karena banyak instrumen investasi yang bisa dipilih sesuai tingkat resiko dan kemampuan finansial. Salah satu instrumen yang disarankan adalah emas. Emas mempunyai likuiditas tinggi, yang artinya mudah dikonversi menjadi uang tunai. Harga emas cenderung naik setiap tahun, dan nilai kenaikannya bisa di atas rata-rata nilai inflasi.

Foto : istockphoto.com (Diedit Pribadi)

Tidak seperti saham dan kripto, menyimpan emas tidak akan menghasilkan return (timbal balik), melainkan capital gain. Capital gain adalah keuntungan yang didapat dari selisih harga jual dan harga beli ketika investor menjual aset investasi yang dimiliki. Capital gain dari investasi emas akan terasa kalau dilakukan dalam jangka panjang, seperti 5-10 tahun.

Sehingga investasi ini cocok untuk kaum gen z dan milenial yang sedang berjalan menuju masa depan. Namun, perlu kalian ketahui bahwa emas menjadi salah satu komoditas yang dikenakan pajak. Sehingga pembeli atau penjual wajib melaporkan dalam Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan. Jenis pajak yang dipungut ialah Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 22.

Jika pembeli mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), tarif pajak dikenakan sebesar 0,45% dari harga emas. Sedangkan pembeli yang tidak mempunyai NPWP dikenakan lebih tinggi, yakni sebesar 0,9%. Saat ini, untuk membeli emas tidak perlu repot ke luar rumah dan mempersiapkan modal besar.

Karena sudah banyak layanan yang bisa membantu kalian berinvestasi emas dengan mudah dan cepat. Salah satu layanan tersebut adalah MASKu dari WOM Finance. MASKu adalah layanan pembiayaan emas 24 karat secara cicilan atau kredit. MASKu hadir untuk memudahkan masyarakat berinvestasi logam mulia (emas) dengan aman dan tepercaya.

Selain MASKu, WOM Finance juga punya layanan #PembiayaanKebutuhan lainnya seperti Motor Baru, MotorKu, dan MobilKu. Semua layanan tersebut bisa kalian ajukan lewat kantor cabang WOM Finance terdekat atau melalui aplikasi KAWAN yang sudah tersedia di Play Store. Semua jadi lebih mudah karena #UntungAdaKAWAN.

Gambar : Dok. WOM Finance

Banyak kelebihan yang diberikan oleh MASKu, salah satunya emas dijamin logam mulia asli dan disimpan dengan aman. Untuk nilai #CicilanEmas tidak akan terpengaruh fluktuasi harga emas, jadi tidak perlu khawatir. Pilihan tenor atau jangka waktu pembiayaan cukup banyak, mulai dari 12, 24, dan 36. Syarat umum pengajuan MASKu, antara lain :

  • Fotokopi KTP pemohon
  • Fotokopi KTP pasangan (jika yang sudah memiliki pasangan)
  • Fotokopi Kartu Keluarga

Untuk metode pembayaran bisa dengan uang tunai atau transfer e-wallet. Layanan cicilan emas dari MASKu tentu bisa menjadi solusi untuk menyambut masa depan yang lebih baik. Ada satu hal lagi yang perlu kalian ketahui, saat ini #WOMFinance sedang mengadakan Program Undian Berhadiah WOMBASTIS 2023.

Program ini punya banyak hadiah, mulai dari Paket Pembayaran Angsuran, Logam Mulia, Motor, dan juga Grand Prize sebuah Mobil. Program berlaku untuk seluruh konsumen WOM Finance yang melakukan pengajuan pembiayaan pada periode program, yakni 1 Januari 2023 sampai 31 Desember 2023.

Program Undian Berhadiah WOMBASTIS 2023 berlaku untuk seluruh pengajuan pembiayaan produk WOM Finance (Motor Baru, MotorKu, MobilKu, MASKu). Jadi, bagaimana? Tertarik investasi emas di MASKu dan #MembukaHarapan bawa pulang berbagai hadiah menarik? Yuk, mulai cicil emas sekarang di MASKu!

0 Komentar